php hit counter

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 285
Print this page

PP&K 2014 - DISIPLIN SOLIDARITAS BERTANGGUNG JAWAB

October 25, 2014
Published in Berita Populer

Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus atau Ospek merupakan momentum bersejarah bagi setiap siswa yang memasuki pintu gerbang perguruan tinggi. Ospek dengan seluruh rangkaian acaranya merupakan wacana awal pembentukan watak bagi seorang mahasiswa baru. Dengan kata lain bahwa baik tidaknya kepribadian mahasiswa di sebuah perguruan tinggi sedikit banyak ditentukan oleh baik tidaknya pelaksanaan Ospek di perhuruan tinggi tersebut.

Tanggal 20 dan 21 Agustus 2014 kita melaksanakan Program Pengenalan Kampus (PP&K) di jurusan Ekonomi Pembangunan. Seperti biasa, yang pertama dilakukan adalah apel pagi oleh Kaprogdi kita yaitu Ibu Niniek Imaningsih. Para maba dibariskan dengan tertib dan panitia pun juga dibariskan dengan tertib untuk apel pagi. Di apel pagi kita mendengarkan wejangan dari Kaprogdi agar acara Ospek ini berjalan tanpa adanya kekerasan fisik dan secara fair. Setelah apel pagi dilakukan, para maba berjalan dengan rapi menuju kelas yang sudah disiapkan oleh panitia. Di salam kelas itu, para maba mendapatkan materi tentang Organisasi dan Kepemimpinan. Bukan hanya materi yang disampaikan oleh panitia, tetapi para maba juga diberikan motivasi agar dapat menjadi mahasiswa yang bisa dibanggakan oleh jurusan, fakultas, dan kampus.

Banyak properti yang harus dibawa oleh maba karena dengan membawa properti yang banyak sama saja melatih para maba dengan mempersiapkan diri dengan tugas yang akan diberikan oleh para dosen. Dengan cara itu panitia mendidik para maba menjadi pribadi yang betanggung jawab. Di dalam Ospek jurusan, para maba juga dididik untuk menjadi pribadi yang disiplin.

 

Para maba juga diajarkan untuk solidaritas terhadap sesama. Karena di jurusan Ekonomi Pembangunan bukan hanya sekedar mencari teman kuliah yang bisa dititipi absen, tetapi di jurusan Ekonomi Pembangunan berbasis kekeluargaan.

Read 1340 times

Latest from